Oktober 23, 2011

15 Tips Menjalin Network Bisnis Baru

Mengadakan kegiatan untuk menjalin network bisnis baru dengan mengikuti seminar,workshop dan lain sebagainya merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk bisnis Anda.
Dengan menghadiri acara seperti itu, Anda akan memiliki kesempatan untuk bertemu orang-orang dari yang Anda dapat berbagi dan mungkin menemukan dan mempelajari hal baru.

Selain itu, dengan mengikuti kegiatan seperti itu, anda mempunyai kesempatan untuk bertemu calon pelanggan dan juga mencari pemasok.

Dan juga, kegiatan seperti ini menciptakan hubungan simbiotik di antara rekan-rekan dan asosiasi yang dapat membantu menguji ide-ide baru atau hal-hal tersebut saat ini dalam industri Anda.

Dengan begitu banyak manfaat dan untuk kepentingan bisnis jaringan, bagaimana kita membuat agar kehadiran kita efektif dan sukses?

Berikut adalah beberapa tips praktis yang harus Anda harus ingat sebelum menghadiri acara untuk menjalin network bisnis baru :

1. Sebelum memutuskan untuk pergi ke pertemuan, lakukanlah pembelajaran dan menilai apakah orang yang menghadiri acara tersebut sesuai dengan target pasar anda atau memang anda hanya ingin bergaul/bersosialisasi


2. Apa ide awal Anda hadir dalam acara itu? Apakah untuk bertemu klien baru? Mungkin mencari mitra bisnis? Atau apakah Anda hanya ingin suatu malam sosialisasi? Dengan menganalisa motivasi anda maka anda dapat menentukan jenis percakapan dengan orang-orang tersebut, dan sebaiknya jangan terlampau banyak mempunyai agenda pembicaraan yang bercampur-campur, itu hanya akan membuat anda menjadi tidak fokus dan tidak dapat mencapai tujuans secara optimal


3. Setiap Acara pada umumnya memiliki agenda masing-masing, cari tahu terlebih dahulu latar belakang dan informasi dari para pembicara,sehingga andapun tidak salah ketika memulai diskusi ataupun pembicaraan dengan orang-orang lain


4. Lakukan persiapan dan berlatih untuk melakukan pengenalan diri sendiri dan bisnis Anda. Katakanlah sepenggal kalimat atau kata-kata yang menarik atau informatif tentang bisnis Anda yang mengarahkan pembicaraan sesuai keinginan anda.

5. Pelajari cara untuk memberikan jabat tangan yang kuat.

6. Membawa kartu nama, banyak kartu nama. Dan jangan segan untuk memberikan kepada siapapun yang anda temui.Atau, saat menerima kartu nama, pastikan untuk melihat dan membacanya.Lakukan sesuatu yang mudah diingat oleh pemberi kartu nama dengan meminta tambahan kartu nama sebagai contohnya.Atau bisa juga dengan mengatakan ke si pemberi kartu nama bahwa sepertinya anda teringat akan seseorang yang cocok atau tertarik untuk berbisnis dengan si pemberi kartu nama.

7. Selama acara itu, tunjukkan bahwa anda benar-benar tulus dan menunjukkan minat dalam berbicara kepada orang lain.

8. Siap untuk berkontribusi ke diskusi-diskusi yang diadakan dan menawarkan waktu untuk membantu. Anda ada bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk memberikan nilai kepada orang lain juga.

9. Seorang pembicara yang baik adalah seseorang yang dapat berbagi pikiran dengan orang lain dengan hormat serta setia mendengarkan. Tanya banyak hal mengenai "Mengapa" dan "Bagaimana"

10. Dalam suatu acara, akan selalu ada kelompok-kelompok kecil yang tinggal dekat satu sama lain.Cara terbaik untuk bertemu dengan mereka adalah melakukan pembicaraan informal dengan seseorang di kelompok kecil tersebut dan kemudian meminta dia untuk memperkenalkan anda pada orang lain dalam grup.

11. Bila Anda bertemu dengan calon pelanggan, bersikap "tidak terlalu berkeinginan" untuk melakukan bisnis dengan orang tersebut. Namun, pastikan bahwa Anda akan bisa mendapatkan rincian kontak dan informasi lainnya yang relevan.

12. Jangan memonopoli waktu orang lain. Manfaatkan waktu secukupnya agar anda dapat mengenal mereka seperlunya dan mereka mengenal anda

13. Jika seseorang "menahan" Anda terlalu lama, maka tidak ada yang salah dengan mengatakan bahwa Anda ingin pergi dan bertemu dengan orang lain di dalam ruangan itu. Berikan alasan yang sopan untuk berpamitan

14. Terkadang, akan ada seseorang yang hanya berkeliaran di sekitar atau berdiri dengan tenang saja. Pergi datangi mereka dan mulailah percakapan. Berikan perhatian dan perkenalkan orang ini kepada orang lain yang anda sudah ajak bicara sebelumnya, berikan kesan yang baik, bahwa anda tidak ingin membuat orang ini keliatan seperti "alien" dengan menyendiri saja,

15. Setelah acara, tuliskan setiap informasi yang relevan yang dapat anda pelajari, rapikan kartu yang Anda kumpulkan dan rencanakan apa yang harus Anda lakukan, seperti penjadwalan panggilan ke orang yang anda sudah temui.

sumber

0 komentar:

Poskan Komentar